Slip Pembayaran Uang Kuliah Hilang, Ini Yang Mesti Kamu Lakukan

Posted by Ciluk Ba' Kampus on 4/15/2017 with No comments
Slip pembayaran uang kuliah merupakan bukti transaksi yang dikeluarkan oleh BANK bahwa seorang mahasiswa telah melunasi kewajibannya untuk membayar uang kuliah. Mahasiswa dikatakan aktif pada sebuah institusi Perguruan Tinggi apabila telah melakukan kewajiban ini. Pembayaran uang kuliah pada umumnya dibayar setiap semester, nominal pembayaran setiap mahasiswa pun berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dari Perguruan Tinggi.


Slip pembayaran uang kuliah ini sangat penting, karena digunakan pada saat pemasukan berkas ke institusi, contohnya pemasukan berkas untuk beasiswa, pembelian matakuliah, mendaftar proposal skripsi dan masih banyak lagi. Intinya slip ini begitu penting bagi mahasiswa.

Nah, bagaimana apabila slip pembayaran uang kuliah kita hilang?

Tenang saja, tidak usah bingung, ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan apabila slip pembayaran kamu hilang.

Bersikap Tenang

Bersikap tenang merupakan langkah awal yang bisa kita lakukan apabila kita kehilangan sesuatu, termasuk slip pembayaran uang kuliah. Terkadang banyak orang apabila kehilangan sesuatu, dia akan panik dan justru akan memperburuk keadaan. Dengan kamu bersikap tenang maka kamu akan lebih rileks dan dapat berpikir apa yang mesti kamu lakukan selanjutnya.

Memikirkan Dimana dan Kapan Terakhir Kamu Kehilangan

Setelah kamu sudah bisa tenang, kemudian yang mesti kamu lakukan adalah memikirkan dimana dan kapan kamu terakhir menggunakan slip pembayaran tersebut. Jangan sampai slip tersebut hanya tercecer atau terselip dibuku kamu. Kebanyakan mahasiswa menyimpan berkas-berkas penting seperti slip pembayaran ini di dompet, dan apabila dompet hilang, wah beda lagi ceritanya, kamu perlu segera melaporkannya ke pihak berwajib (polisi) untuk mendapatkan Surat Keterangan Hilang.

Bertanya Kepada Orang Yang Lebih Tahu

Selanjutnya adalah yang perlu kamu lakukan adalah bertanya kepada orang yang lebih tahu, contohnya kamu bisa bertanya kepada teman, senior, penasehat akademik, atau dosen kamu yang tahu apa yang mesti dilakukan. Bisa juga googling, membaca artikel-artikel tentang apabila slip pembayaran uang kuliah, seperti yang kamu lakukan sekarang. (Terima kasih sudah membaca artikel kami, hehe)
Baca Juga : 

Datang Ke Tata Usaha Jurusan

Biasanya, pada awal perkuliahan mahasiswa diharuskan untuk memfotocopy slip pembayaran uang kuliah kemudian mengumpulkannya di tata usaha jurusan sebagai arsip jurusan. Tentu saja ini akan membantu mahasiswa apabila memang terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan slip pembayaran ini. Tapi apabila jurusan kamu tidak melakukan hal tersebut, mungkin langkah selanjutnya dapat membantumu.

Kunjungi BAAK

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) adalah tempat yang selanjutnya perlu kamu kunjungi apabila langkah di atas belum menyelesaikan masalah mu. Silahkan mengadukan masalahmu tentang kehilangan slip pembayaran ini, kemudian kamu akan dibuatkan Surat Keterangan yang menjelaskan kamu telah melakukan pembayaran uang kuliah pada tahun ajaran tersebut. Dan Surat Keterangan ini setara atau menggantikan slip pemabayaran uang kuliah kamu yang hilang.

Sebenarnya ada langkah lain yang bisa dilakukan apabila kehilangan slip pembayaran uang kuliah yaitu membuat ulang slip tersebut di BANK tempat kamu melakukan pembayaran uang kuliah. Namun langkah ini sulit, karena kamu mesti mengingat kapan, dimana, nominal pembayaran berapa, teller-nya siapa, dan harus dikeluarkan di BANK tempat kamu melakukan pembayaran uang kuliah (susah kan jika kita mahasiswa perantauan). Nah, mungkin langkah-langkah di atas lebih praktis untuk dilakukan apabila kamu kehilangan Slip Pembayaran Uang Kuliah.
Categories: