8 Alasan Konsultasi dengan Penasehat Akademik itu Penting

Posted by Ciluk Ba' Kampus on 2/12/2017 with No comments
Penasehat Akademik yang biasa disingkat PA merupakan dosen yang diberikan tugas dan tanggung jawab untuk membimbing dan membina sejumlah mahasiswa agar diberikan arahan sehingga mereka dapat menyelesaikan studinya dengan optimal. Perincian tugas dari Penasehat Akademik telah diatur dan ditetapkan masing-masing Perguruan Tinggi dalam peraturan akademiknya. Di beberapa Perguruan Tinggi adapula yang menggunakan istilah Dosen Wali.


Adapun jumlah mahasiswa yang bisa dibimbing oleh Penasehat Akademik telah dijelaskan dalam Surat Dikjen Dikti No. 3298/D/T/99
Di Lampiran I Surat Dikjen Dikti No. 3298/D/T/99 tentang Beban Kerja Normal seorang Dosen Tetap Penjelasan Butir (3) 
Perwalian Mahasiswa:
Beban normal dosen wali adalah 20 orang mahasiswa per semester sehingga dosen mengenal setiap mahasiswa yang dibinanya. Untuk hal tersebut dosen menyediakan waktu minimal 1 jam per minggu untuk konsultasi terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswanya.

Nah, sehubungan hal itu telah dilakukan survei pada forum mahasiswa di media sosial yang membahas "alasan-alasan mengapa konsultasi dengan Penasehat Akademik itu penting", dan menyimpulkan 8 (delapan) poin, diantaranya:

1. Untuk kelancaran proses program matakuliah

Konsultasi dengan Penasehat Akademik itu penting dalam merencanakan program-program matakuliah yang akan diambil. Mengapa? Karena saran dari Penasehat Akademik akan membantu kita memilih matakuliah mana yang perlu/tidak perlu diprogram sesuai kemampuan kita.

2. Biar makin dekat sama Penasehat Akademik

Semakin sering kita konsultasi dengan Penasehat Akademik maka semakin pula kita dekat dengannya. Jangan sampai kita tidak diketahui atau dikenal oleh PA kita sendiri, karena ingat, setiap PA bisa memiliki sampai 20 mahasiswa yang dibinanya

3. Progres akademik dapat terpantau dengan baik

Karena seringnya kita konsultasi dengan PA, maka progres akademik kita pula akan terpantau dengan baik. Karena tentu saja PA tidak akan membiarkan anak bimbingannya memiliki masalah dalam akademik yang dijalaninya.

4. Untuk mendapatkan beasiswa, diperlukan tanda tangan Penasehat Akademik

Beberapa beasiswa biasanya dalam persyaratannya jika mendaftar sebagai calon penerima beasiswa diperlukan persetujuan atau tanda bukti dari seorang Penasehat Akademik

Baca Juga : 

5. Mendapat saran apabila hendak mengambil matakuliah atas atau mengulang matakuliah bawah

Dengan kita konsultasi dengan PA mengenai matakuliah yang akan diprogram, PA akan memberikan saran yang mana baiknya apakah mengambil matakuliah semester atas atau mengulang matakuliah bawah yang ingin diperbaiki nilainya.

6. Tempat curhat untuk mengatasi kesulitan

PA memang merupakan tempat kita bertanya apabila kita mengalami kesulitan atau masalah dalam keseharian kita di kampus. Karena PA ibarat orangtua kita di kampus.

7. Menanyakan karakter-karakter dosen lain

Jika ingin mengetahui karakter atau sifat yang dimiliki dosen lain sebaiknya kita menanyakan  pada PA, karena dia lah yang lebih tahu akan hal itu dan lebih sopan kita bertanya pada PA kita sendiri mengenai hal itu.

 8. Membantu apabila ingin lanjut studi ke tingat yang lebih tinggi

Dengan kita konsultasi dengan PA mengenai studi lanjut, tentu saja PA akan memberikan saran akan hal itu dan biasanya PA memiliki koneksi-koneksi tertentu dengan dosen lain sehingga kita bisa lebih dimudahkan untuk bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi

Nah, itulah alasan-alasan mengapa konsultasi dengan Penasehat Akademik itu penting. Jadi, bagi kalian yang mungkin sama sekali belum ketemu dengan PA nya masing-masing segeralah mungkin menemuinya, karena beliau-lah yang akan membantu dalam proses akademik yang kita jalani.
Categories: