Contoh Laporan Elektronika Dasar : Rangkaian Setara Thevenin - Norton

Posted by Akbar Pratama on 10/28/2015 with No comments
RANGKAIAN SETARA THEVENIN – NORTON

Muhammad Akbar Pratama*), Asrianti BT. Sunardi, Gina Hasanah Hidayah, Muh. Arief Fitrah I.A.

Laboratorium Elektronika Dan Instrumentasi
Jurusan Fisika
Universitas Negeri Makassar
Tahun 2015

LATAR BELAKANG
Dalam ilmu elektronika, didalamnya terdapat beberapa materi penting yang harus diketahui dan tidak lepas dari berbagai jenis rangkaian. Salah satu materi tersebut yaitu mengenal rangkaian setara Thevenin – Norton.
Dalam kehidupan sehari-hari, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia telah menciptakan berbagai peralatan yang menunjang kehidupan mereka. Peralatan yang begitu canggih tersebut tidak pernah terlepas dari rangkaian penyusun yang ada di dalamnya.
Semakin canggihnya sebuah alat, semakin banyak pula komponen-komponen penyusun yang dibutuhkan. Komponen-komponen yang begitu kompleks inilah yang rumit untuk didefinisikan. Maka dari itu fungsi dari rangkaian setara Thevenin – Norton adalah untuk menyederhanakan rangkaian yang rumit menjadi rangkaian yang lebih sederhana.
Theorema thevenin di namakan sesuai dengan penemunya, yaitu seorang insyinyur berkebangsaan Prancis yaitu M.L. Thevenin. Sedangkan teorema norton di temukan oleh seorang insyinyur yang pernah bekerja pada Bell telephone laboratories, yang bernama E.L. Northon.
            Teorema Thevenin – Norton adalah salah satu teorema yang berguna untuk analisis sirkuit listrik. Teorema Thevenin – Norton menunjukkan bahwa jaringan listrik tertentu, kecuali beban, dapat diganti dengan sirkuit ekuivalen yang hanya mengandung sumber tegangan (Thevenin) dan sumber arus (Norton) listrik independen dengan sebuah resistor yang terhubung secara seri, sedemikian hingga hubungan antara arus listrik dan tegangan pada beban tidak berubah. Sirkuit baru hasil dari aplikasi teorema Thevenin disebut dengan sirkuit ekuivalen Thevenin dan Norton. Pengggunaan utama teorema ini adalah menyederhanakan sebagian besar dari sirkuit dengan sirkuit ekuivalen yang sederhana.

TUJUAN
  1. Melakukan pengukuran tegangan Thevenin, hambatan Thevenin dan arus Norton dari rangkaian-rangkaian sederhana.
  2. Menyelidiki pengaruh beban terhadap tegangan dan kuat arus output rangkaian elektronik dengan menggunakan teorema Thevenin dan Norton.

Untuk mengetahui lebih lanjut laporannya bagaimana, silahkan download file lengkapnya. Silahkan klik disini.


Categories: